Anda berada di: Home PENDIDIKAN Laporan Singkat Raker 1 Februari 2012

Laporan Singkat Raker 1 Februari 2012

E-mail Print PDF

Laporan Singkat
Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Mendikbud RI
Rabu, 1 Februari 2012 (Pukul 16.10 – 21.30)


I.    Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun

  1. Komisi X DPR RI dan Mendikbud RI sepakat agar Pemerintah menyiapkan dokumen program rintisan wajar belajar 12 tahun secara komprehensif.
  2. Komisi X DPR RI dan Mendikbud RI sepakat bahwa rencana alokasi anggaran program rintisan wajar 12 tahun akan ditingkatkan dalam RAPBN-P TA 2012.
  3. Dalam rangka mematangkan program rintisan wajib belajar 12 tahun, Komisi X DPR RI bersama Pemerintah membentuk Panja Rintisan Wajar 12 tahun.


II.    Evaluasi Kebijakan RSBI

  1. Komisi D DPR RI dan Mendikbud RI sepakat bahwa:
  • Kebijakan pengelolaan RSBI tidak boleh menggerus nilai nasionalisme bagi peserta didik, memperhatikan minat dan bakat peserta didik, dan akses yang berkeadilan bagi seluruj lapisan masyarakat;
  • perlu dilakukan evaluasi secara intensif terhadap RSBI yang sudah ada, dan untuk sementara waktu tidak ada penambahan RSBI baru.

2. Dalam rangka menyempurnakan kebijakan RSBI, Komisi X DPR RI bersama Pemerintah sepakat membentuk Panja Evaluasi RSBI.

III.    Pelaksanaan Dapodik Lanjutan
Dalam rangka pengawasan evaluasi kebijakan pendidikan yang berkelanjutan, Komisi X DPR RI dan Mendikbud RI sepakat agar Kemdikbud segera menuntaskan pelaksanaan program dapodik lanjutan.

IV.    Pendidikan Vokasi

Komisi X DPR RI dan Mendikbud RI sepakat mengembangkan pendidikan vokasi harus tetap mengutamakan pada fungsi pendidikan dan didasarkan pada sumber daya lokal serta variasi keahlian.

V.    Jardiknas dan E-Pembelajaran

  1. Komisi X DPR RI dan Pemerintah sepakat untuk melakukan pendalaman terhadap Program Satuan Kerjadan Satuan Pendidikan yang terkoneksi Jardiknas sebesar Rp. 162.522.629.000,00 dan program SD yang menerapkan E-Pembelajaran sebesar Rp. 24.076.500.000,00.
  2. Dalam rangka pendalaman Jardiknas dan E-Pembelajaran, Komisi X DPR RI dan Pemerintah sepakat membentuk Panja Evaluasi Jardiknas dan E-Pembelajaran, dan Panja menyelesaikan tugas dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.


VI.    Program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS)
Komisi X DPR RI dan Pemerintah sepakat membentuk Panja untuk melakukan pendalaman terhadap relokasi program PmtAS sebesar Rp. 448.384.680.000,00 dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Last Updated ( Thursday, 02 February 2012 11:34 )